Blur Tool, Sharpen Tool, dan Smudge Tool (R)

· photoshop, photoshop basic
Penulis

Pada palet tools Photoshop terdapat kelompok tool yang berguna dalam pengeditan foto. Kelompok tool ini berfungsi untuk memfokuskan atau mengaburkan objek pada sebuah foto atau gambar. Kelompok tool ini sering digunakan oleh Fotografer para desainer grafis dalam mengedit sebuah foto atau gambar, antara lain Blur tool, Sharpen tool, dan Smudge tool.

Perhatikan contoh perubahan gambar dibawah ini.

Gambar Asli

 Blur tool adalah salah satu alat yang terdapat pada Photoshop yang berguna untuk mengaburkan area gambar secara parsial, sehingga memfokuskan gambar pada area lain.

Sebagian area dikaburkan dengan Blur Tool

Sedangkan Sharpen Tool adalah kebalikan dari blur tool, yaitu alat yang berguna untuk menajamkan gambar dan biasa diaplikasikan pada specular highlight seperti metal. Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Ditambahkan Penajaman pada sebagian area dengan Sharpen Tool

Smudge Tool (R) merupakan kelompok dari blur tool dan sharpen tool. Smudge tool mensimulasi proses jari mengusap cat basah. Dengan tehnik ini bisa dihasilkan efek gerak atau efek lukisan.

Gambar dengan smudge tool
Dengan kelompok tools ini, anda bisa memodifikasi foto anda sesuai kreasi anda. Caranya sangat mudah, dengan memilih salah satu dari kelompok tool tersebut kemudian tinggal menggosok-gosokkan di area gambar yang anda kehendaki. Anda juga bisa mengatur jenis brush yang digunakan, mode, strenght, yang terletak pada palet options. Mudahkan? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: