Seleksi Menggunakan Rectanglular Marque Tool

· photoshop, photoshop basic, seleksi
Penulis
Pada pertemuan terdahulu saya pernah membahas tentang penggunaan seleksi pada Photoshop, kali ini saya akan memberitahu pada teman-teman cara menyeleksi objek pada photoshop menggunakan Marque Tool. Marque Tool adalah sekolompok tool yang terdapat pada Photoshop yang berfungsi untuk menyeleksi objek gambar/foto sesuai dengan bentuk bidang tool. Merque tool terdiri dari Rectangular Marquee Tool (M), Eliptical Marquee Tool (M), Single Row Marquee Tool, dan Single Column Marquee Tool. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Kelompok Marquee Tool (klik image untuk lebih jelas)

Rectangular Marquee Tool

Rectangular Marquee Tool berguna untuk membuat seleksi objek dalam bentuk kotak atau persegi. Untuk membuat seleksi dengan menggunakan tool ini, pertama kita pilih dulu Rectangular Marquee Tool, lalu pilih wilayah objek yang akan kita seleksi dengan mengklik dan drag sesuai ukuran yang kita inginkan, untuk mendapatkan hasil yang proporsional kita bisa melakukan seleksi sambil menekan tombol Shift pada keyboard. Sebelum membuat seleksi kita juga dapat melakukan pengaturan terlebih dahulu supaya kita mendapatkan hasil seleksi sesuai yang kita inginkan.

Pengaturan Seleksi (klik image untuk lebih jelas)

Eliptical Marquee Tool (M)

Eliptical Marquee Tool biasa digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk lingkaran atau elips. Pengaturan dan cara penggunaannya sama seperti Rectangular Marquee Tool, hanya beda pada bentuknya saja. Berikut contoh perbandingan hasil seleksi antara kedua tool tersebut.

Hasil Seleksi menggunakan Eliptical dan Rectangular Marquee Tool

Single Row Marquee Tool

Tool ini biasanya dignakan untuk membuat seleksi dalam baris secara otomatis sebesar 1 pixel dengan satu kali klik pada area kerja Photoshop dalam membuat karya desain. Secara otomatis (default) berukuran 1 px, namun kita juga bisa merubah ukuran pada pengaturan feather, fixed width, dan lain-lain.

Single Column Marquee Tool

Tool ini merupakan kebalikan dari Single Row Marquee Tool yaitu untuk membuat seleksi dalam kolom secara otomatis. Kita juga dapat melakukan pengaturan ukuran pada feather, fixed width, dan lain-lain.

Sampai disini dulu ya pembahasan kita tentang cara pembuatan seleksi menggunakan kelompok Marquee Tool, jika ada kesempatan insya Allah saya akan membahas pembuatan seleksi dengan cara yang lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan, jika ada kritik, saran atau masukannya silahkan poskan komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: