Panduan Menggunakan Paintbrush Tool dan Panel Brush Illustrator Bag. 1

Penulis

Brush Tool dan Panel Brush pada Illustrator adalah salah satu komponen tool yang sangat berperan dalam pembuatan karya ilustrasi vector. Dengan brush tool (B) dan panel brush anda bisa membuat bentuk garis berkembang menarik, pola, tepi runcing dan masih banyak lagi. Pada tutorial ini saya akan membahas dasar-dasar penggunaan brush tool dan panel brush serta bagaimana cara untuk membuat brush tool sendilri.

Paintbrush Tool
Pada dasarnya fungsi paintbrush tool sama seperti menggunakan pencil tool yaitu dengan cara klik dan drag untuk membuat jalur. Perbedaannya adalah brush tool (B) berlaku standar pada seni vector ke jalur yang anda buat. Hal ini mungkin tampak seperti perbedaan yang sederhana, namun dengan brush tool anda dapat membuat karya seni ilustrasi vector menjadi lebih menarik.
Empat Jenis Brush Illustrator
Illustrator memiliki empat jenis brush. Brush ini memiliki bentuk dan prilaku berbeda bila diterapkan dalam sebuah garis atau sapuan. Keempat brush tersebut diantaranya adalah:
1. Calligraphic Brush:
Calligraphic Brush / Brush Kaligrafi menciptakan sapuan brush seperti tinta pena atau kuas. Dengan Brush kaligrafi anda dapat mendefinisikan sebuah pena atau titik pena.

2. Scatter Brush:

Scatter brush akan mendefinisikan seni vector sebagai brush/kuas. Scatter brush kemudian akan menyebarkan salinan seni/gambar di garis bila diterpkan pada sebuah garis.

  3. Art Brush

Art brush akan mengaplikasikan seni vector pada brush/kuas. Art brush akan meletakkan sapuan seni di jalur bila diterpkan pada garis.

 4. Pattern Brush

Pattern brush memungkinkan Anda untuk menentukan lima pola dijadikan kuas dan kemudian mendistribusikan di sepanjang jalur.

Menerapkan dan Menggambar dengan Brush 

Ada dua cara menerapkan brush Illustrator, yaitu anda bisa menyapukan brush langsung neggunakan brush tool atau meletakkan ke garis/path yang sudah ada. 

Paintbrush tool : Untuk menerapkan garis brush dengan brush tool (B), pilih Paintbrush tool (B) pada toolbox, kemudian pilih jenis brush pada panel brush lalu mulai menggambar.

Menerapkan pada Path (jalur) : Pilih jalur/path lalu pilih jenis brush pada panel brush.

Paintbrush Tool Preferences

Untuk melakukan pengaturan preferensi (pilihan) brush, double click paintbrush tool pada panel brush untuk membuka menu pilihan (Paintbrush Tool Prefernces).

Tolerances
  • Fidelity : Menetapkan Fidelity rendah akan menambahkan lebih titik jangkar (anchor points) ke jalur brush. Sebaliknya, memiliki Fidelity lebih tinggi akan menghasilkan lebih sedikit titik jangkar (anchor points) dalam path/garis.
  • Smoothness :  Menetapkan persentase lebih tinggi dari 0 akan membuat jalur brush lebih halus.
Options
  • Fill New Brush Stroke : Pilihan ini akan mengisi path/garis sekali selesai.
  • Keep Selected : Opsi ini menjaga stroke bush dipilih setelah diambil.
  • Edit Selected Paths :  Pilihan ini akan memungkinkan Anda mengedit jalur di atas jalan yang dibuat dalam kisaran pixel tertentu. Rentang pixel dapat diubah dari slider bar di bawah kotak centang Edit Selected Path.
  

Paintbrush Tool Keyboard Shortcuts dan Kontrol Keyboard

Shortcut dan kontrol keyboard berguna untuk mempercepat langkah kita dalam membuat karya desain.

  • Shortcut keyboard (B).
  • Tahan Shift untuk membatasi gerakan hingga 45 °, 90 °, 135 °, atau 180 ° saat membuat sapuan kuas.
  • Tahan Option (Alt) untuk menampilkan Smooth Tool. 

Panel Brush 
Panel brush adalah tempat dimana kita dapat mengakses empat jenis kuas (brush) pada Illustrator.Caligraphic dan Scatter Brushes terletak dalam tampilan thumbnail kecil, sedangkan Art dan Pattern Brush ditampilkan dalam persegi panjang horizontal (selama tampilan thumbnail dipilih dari menu drop-down Panel Brush). Jika panel brush anda tidak dibuka, pergi ke menu Window > Brushes (F5) untuk membukanya.

Brush Panel Breakdown
Dibawah ini adalah tampilan panel brush. 
  •  Brush Panel drop-down menu: Dalam menu ini Anda dapat mengubah tampilan dari kuas, pilih brush tidak terpakai , buka perpustakaan brush lainnya, dan banyak lagi.
  • Brush Libraries Menu Button:  Klik tombol ini untuk membuka menu drop-down untuk membuka perpustakaan brush lain pada komputer Anda atau menyimpan satu set brush.
  • Remove Brush Stroke Button: Klik tombol ini ketika jalur brush dipilih untuk menghapus stroke/garis.
  •  Stroke Options: Klik tombol ini untuk membuka dialog Stroke Pilihan untuk stroke kbrush tertentu yang dipilih.
  •  New Brush: Klik tombol ini untuk membuat sebuah brush baru dari dialog New Brush.
  • Delete Brush: Klik tombol ini untuk menghapus brush dari Panel Brush. 

 

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang Paintbrush Tool dan Panel Brush Illustrator, insya Allah nanti saya lanjutkan pada pertemuan berikutnya yaitu Panduan Menggunakan Paintbrush Tool dan Panel Brush Illustrator Bag 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: